Transaction Processing System

by - November 28, 2017

Transaction processing system adalah sistem yang digunakan untuk menangani pengolahan (processing) dan penjejakan (tracking) transaksi dan merupakan versi berbasis komputer dari sebuah sistem manual yang ada dalam organisasi yang dikhususkan untuk menangani transaksi dalam organisasi




Tipe tps
- Batch Processing : transaksi-transaksi yang ada dikumpulkan terlebih dahulu, dan kemudian
  diproses secara bersamaan.
  Misal : PDAM
- Online Transaction Processing : transaksi langsung diproses begitu diterima
  Misal : Reservasi online

Sistem informasi fungsional


Departmental (Functional) IS
Functional area : cakupan (coverage) aktivitas yang dilakukan dalam sebuah organisasi.
Functional information system : sistem informasi yang memiliki cakupan pada satu functional area.

Memfasilitasi pekerjaan dan menghasilkan informasi untuk satu departemen atau satu functional area.
Misal : Keuangan (Financial), Sumber  Daya Manusia, dll.

Sekumpulan aktivitas yang dilakukan oleh organisasi untuk memberikan nilai tambah bagi produk atau jasa yang diberikan meliputi inbound logistics, warehouse and storage, production, finished product storage, outbound logistics, marketing and sales, dan customer service

Sistem informasi fungsional
-Production & operation


Production dan operation merupakan fungsi dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk proses
transformasi input menjadi output. Fungsi ini bisa berbeda, tergantung dari tipe organisasi. Organisasi
manufaktur akan berbeda dengan organisasi yang menyediakan jasa atau berbeda dengan universitas
atau rumah sakit.

-Human resources

HRD merupakan bagian terpenting yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan.Oleh
karena itu, beberapa perusahaan menganggap bahwa HR adalah nyawa bagi perusahaan. Pada dunia
kerja, HR memiliki tugas dalam proses rekrutmen atau pencarian tenaga kerja, mulai dari mencari
kandidat terbaik, melakukan sesi wawancara atau interview, sampai proses penyeleksian. HR juga
bertanggung jawab penuh dalam mengelola dan menggali kemampuan dari setiap tenaga kerja yang
ada, serta mengembangkan potensi para tenaga kerja ini melalui beberapa metode, seperti membuat
penilaian kinerja karyawan atau yang kita kenal dengan KPI (Key Performance Index) dan juga
memberikan pelatihan-pelatihan atau trainning mengenai kepemimpian dan keterampilan lain dalam
dunia kerja.



-Sales and marketing




Sales dan marketing tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling terkait. 


Seorang sales dalam menjalankan tugasnya adalah untuk menjual produk, oleh karena itu seseorang
sales harus memiliki kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada setiap orang yang
berhubungan langsung dengan produk tersebut. Kemampuan untuk berkomunikasi ini sangat
diperlukan dan harus disesuaikan dengan waktu, tempat dan karakter orang yang ditemui. Hal ini
akan sangat terasa sekali apabila terjadi masalah yang menyebabkan seorang sales harus menghadapi
lebih dari satu orang dengan beragam keinginan pula.

Marketing adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk atau
mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, agar produk tersebut
menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas. Sehingga dalam hal ini pengertian marketing
tidak hanya sebatas saat terjadi pemasaran, namun juga mengenai strategi yang
digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada konsumen.

-Asset management


Sistem informasi ini digunakan untuk mengelola inventaris asset dalam sebuah organisasi. Fungsi
bisnis yang terlibat dapat mengikuti siklus hidup asset, mulai perencanaan sampai dengan disposal
asset (penghapusan asset).
-Accounting
Sistem informasi akuntansi digunakan untuk mendukung pencatatan dan pelaporan  
berbagai transaksi bisnis dan aliran dana di dalam organisasi.

Order Processing
Mencatat dan memproses permintaan (order) pelanggan dan mencetak invoice
pelanggan.

Inventory Control
Memproses data yang mencerminkan perubahan pada inventori dan memberikan
informasi pemesanan dan pengiriman.

Accounts Receivable
Mencatat jumlah tagihan kepada pihak pelanggan dan menghasilkan  laporan kredit
pada manajemen.

Accounts Payable
           Mencatat pembelian dari, utang atau tagihan kepada pemasok dan pembayaran ke                     
           pemasok serta menghasilkan cash management reports.

                      Payroll
          Mencatat pekerjaan dan data kompensasi serta mengasilkan paychecks dan laporan                  
          penggajian. 

          General Ledger
                     
                      Melakukan konsolidasi data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan laporan           
                      keuangan periodik. 

Sumber


Gambar SI fungsional http://4.bp.blogspot.com/
Power Point Pengantar Teknologi Informasi (Pertemuan 7) oleh Aloysius Bagas Pradipta Irianto
S.Kom., M.Eng.




You May Also Like

0 komentar

Back to Top